Cara Mengurus Surat Cerai Tanpa Buku Nikah

Cara Mengurus Surat Cerai Tanpa Buku Nikah. Pertama, cara untuk mengurus surat cerai tanpa bukuh nikah disini kita perlu membuat dokumen pengganti berupa duplikat akta nikah. Identitas suami baik ktp atau surat domisili;

Cara Urus Surat Cerai
Cara Urus Surat Cerai from manankia.blogspot.com

Mengenai ketiadaan buku nikah bukan alasan untuk tidak mengajukan cerai (karena alasan cerai adalah sebagaimana dijelaskan di atas), tetapi buku nikah merupakan persyaratan administratif yang harus dipenuhi saat mengajukan gugatan cerai. Fotocopy kartu keluarga (kk) fotocopy kartu tanda penduduk (ktp) surat nikah yang asli. Buku nikah adalah syarat administratif utama untuk mengajukan gugatan cerai.

Anda Nantinya Juga Bisa Saja Harus Mengurus Soal Cara Mengurus Surat Cerai Tanpa Buku Nikah.


Untuk konsultasi dan tanya hukum contak person:(ilham zain s. Seperti itulah cara mengurus cerai tanpa buku nikah, lebih rumit karena anda harus mengurus dan meminta duplikat akta perkawinan ke kua, serta membuat surat kehilangan di kantor kepolisian. Fotocopy kartu keluarga (kk) fotocopy kartu tanda penduduk (ktp) surat nikah yang asli.

Buku Nikah Atau Akta Nikah (Atau Duplikatnya Jika Yang Aslinya Tidak Ada) Alamat Tinggal Tergugat Saat Ini (Lengkap) Surat Izin Dari Atasan Khusus Bagi Pns, Tni Dan Polri.


Banyak dokumen dan prosedur bisa tidak mudah dilewati. Cara mengurus perceraian sendiri tanpa pengacara. Namun, ada beberapa prosedur yang anda lakukan terlebih dahulu.

Padahal Hal Tersebut Tidak Sepenuhnya Benar, Karena Anda Tetap Bisa Mengajukan Perceraian Tanpa Menggunakan Buku Nikah.


Untuk melakukan cara ini, ada tahapan yang harus anda lakukan seperti di bawah ini. Seperti kita ketahui tidak boleh ada pengganti selain itu. Jadi kamu hanya perlu mengurus buku nikah hilang atau rusak di kua atau kantor catatan sipil untuk non muslim, untuk selanjutnya mengurus perceraian.

Buku Nikah Adalah Syarat Administratif Utama Untuk Mengajukan Gugatan Cerai.


Dokumen yang harus dilengkapi sebagai syarat untuk mengajukan perceraian ke pengadilan terdiri dari: Kartu keluarga dan akte kelahiran anak (hanya jika ada) semua persyaratan dibawa aslinya saja (bukan kopian) dan nanti ikuti instruksi yang diberikan petugas pengadilan saat mau mendaftar. Buku nikah (akta perkawinan) asli;

Harus Mengajukan Itsbat Komulatif (Isbat Nikah + Perceraian) Di Pengadilan Agama, Prosedurnya Hampir Sama Dengan Perceraian Biasa, Namun Harus Ada Pengantar Buku Nikah Tidak Tercatat Dari Kua


Pengajuan perceraian bisa dilakukan tanpa disertai buku nikah, dengan syarat ada dokumen pengganti lain yang resmi dan sah yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang terkait. Ketika mengurus surat cerai, ada beberapa persyaratan dokumen yang harus dilengkapi. Fotocopy surat nikah sebanyak dua lembar, sudah ditempel materai dan dilegalisir.